Senin, 26 September 2016

Sukses di Dunia Kampus? Siapa Takut…




Perkenalkan saya seorang mahasiswa teknik. Teknik loh ya, bukan Tehnik.
Banyak susah senang nya sih selama saya resmi menjadi bagian dari fakultas teknik. Mulai dari siap mental, ngertiin dan pahamin pelajaran yang menurut saya sangat-sangat asing, sampai menjadi akrab dengan warga kelas yang 85% nya cowok. Iya, kami mahasiswa teknik udah biasa yang namanya satu kelas itu ceweknya cuma 5,6, ya bahkan paling banyak 7 orang lah. 

Menyandang status sebagai anak teknik juga memperbesar image loh ya saya rasa. Mengapa? Karena anak perempuan yang berkecimpung di dunia teknik itu sesuatu banget. Dan saya bangga akan itu. Bagaimana saya mati-matian berjuang untuk medapat bangku di fakultas teknik. And finally I get it ^^

bagaimana kita meraih kesuksesan sebagai anak teknik?
1.      Luruskan Niat
Luruskan niat gini loh ya, setiap kita pengen berangkat kuliah. Niatkan dalam hati. Kita berangkat kekampus bukan semata-mata pengen nongkrong atau apapun. Tapi benar-benar untuk nuntut ilmu.
2.      Disiplin Waktu
Gini loh ya, sedari kecil mama saya sudah mengajarkan kedisiplinan waktu. Bagaimana kita harus menanggungjawabkan semua waktu yang kita habiskan untuk berkegiatan. Dan mulai lah mebuat jadwal apa yang kamu lakukan setiap hari, sehingga kamu akan belajar mendisiplinkan waktu. Dan itu juga membuat semua yang kamu kerjakan akan terkontrol. Misalkanm bangun jam 05.00, terus mandi, sholat, 07.00 kekampus -dst
3.      Aktif di Kelas
Aktif dikelas itu perlu. Bagaimana kita aktif dalam menyimak pelajaran yang diberi dosen, aktif bertanya, aktif dalam menjawab kuis. Itu semua merupakan nilai + yang akan dosen lihat didiri kita. Selain itu, itu juga merupakan awal baik bagaimana kita membawa diri dan lebih dikenal oleh dosen tentunya.
4.      Mengulang Pelajara
Mengulang pelajaran ga ada yang salah kok. Malahan kita akan mendapat hal positif dari kegiatan itu. Kita akan lebih mudah mengerti dan ingat pelajaran yang kita ulang tersebut. So, ga salah nya kan untuk dicoba
5.      Ikuti Organisasi
Ada yang bilang, kesuksesan juga gak tergantung sama IPK tinggi. Karena kesuksesan juga tergantung bagaimana kita membawa diri dilingkungan masyarakat sekitar. Bayangannya gini, ada seorang murid pintar, tapi dia gajago membawa diri. Bagaimana orang akan tau dia mempunyai skill yang baik jika dia tidak menunjukkannya bukan?
6.      Berdoa
Berdoa kepada yang Maha Kuasa, karena tanpa restu Dia pun. Kita ga akan mencapai kesuksesan yang akan kita capai. Ikhtiar udah. Usaha udah. Terakhir ya kita harus berdoa.

Itulah trik singkat yang saya bagi kepada kamu-kamu semua. Semoga bermanfaat dan mari kita jalankan bersama program menuju kesuksesan untuk membangun tanah air tercinta kita ini.

Salam anak Teknik ^^

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Kata kata nya bagus buat memotivasi mahasiswa baru yang kurang motivasi buat kuliah 😊. Apalgi dalam hal keaktifan dlm kelas biasanya bnyak mahasiswa yg diam atau pakai ilmu batin kalau ada quis dari dosen

Posting Komentar