Sejarah Multimedia
Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut
pertunjukan multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video,
synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh
Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai
perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.
Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat
keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan
ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran. Citra
visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak yang
menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner
optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon, pita kaset dan compact
disk.
Lewat tahun 70-an pengguna micro komputer telah dapat mambantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukan efolusi dan perkembangan penciptaan teknologi komputer multimedia.
Lewat tahun 70-an pengguna micro komputer telah dapat mambantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukan efolusi dan perkembangan penciptaan teknologi komputer multimedia.
Contoh Kasus
Perkembangan Multimedia
Sebagai contoh pengaruh perkembangan teknologi multimedia
yang sudah merubah budaya dan kebiasaan masyarakat saat ini yaitu dalam hal
berbelanja. dahulunya masyarakat membeli barang secara langsung ketempat.
Namun, saat ini kita dapat berbelanja online dengan cepat yaitu dengan
meng-klik barang di website tanpa harus datang ke tempat secara langsung. Seperti
sudah terciptanya aplikasi belanja online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia,
dll.
Dampak Positif Dan Negatif
Adanya Multimedia
Perkembangan
multimedia saat ini dirasa sudah sangat pesat dan canggih, namun dibalik
pesatnya perkembangan multimedia ada dampak positif dan negatif diberbagai
bidang :
DAMPAK POSITIF
§ BIDANG PENDIDIKAN
§ Siswa / mahasiswa
menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks
§ Suasana pengajaran dan
pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal (
pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
§ Gabungan berbagai
media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu
menarik minat belajar
§ Perkembangan Teknologi
Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan
belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning
§ BIDANG BISNIS
§ Sejumlah perusahaan
memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia
dalam bentuk simulasi
§ BIDANG KESEHATAN
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll
§ BIDANG POLITIK
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya
DAMPAK NEGATIF
§ BIDANG PENDIDIKAN
§ Dengan adanya
pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik yakni
tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih
intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya
§ Keberadaan guru dan
tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan
§ Baru-baru ini banyak
oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga
atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft Corporation yang
terdapat penjokian di dalamnya
§ BIDANG BISNIS
§ Adanya pihak-pihak
yang melakukan black market (ilegal) dalam internet
§ Hacker melakukan
hacking guna proses transaksi
§ BIDANG KESEHATAN
§ Dengan kemajuan
multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool
multimedia
§ Banyaknya pabrik toko
narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi
obat-obatan terlarang
§ BIDANG POLITIK
§ Para elit politik pada
pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui
internet beligho, spanduk dsb
§ Dengan adanya kemajuan
teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya,
walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi
cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor